Mewarnai Owa Jawa Sambil Mengenalnya Lebih Dekat

Mewarnai boleh dimasukkan ke dalam golongan kegiatan produktif. Namun, akan berbeda sensasinya jika selain memberi warna pada gambar, terdapat pula unsur edukatif di dalamnya.

Owa Halimun –sebuah program penelitian dan edukasi owa jawa– baru-baru ini merilis #PrimatesAreNotPets, sekumpulan gambar yang siap untuk diwarnai bertema owa jawa.

Gambar-gambar yang juga terdapat pesan edukasi untuk tidak memelihara primata ini terdiri dari dua versi, yakni versi bahasa Indonesia dan Inggris.

Alasan Adanya #PrimatesAreNotPets

Mengenalkan hewan endemik Indonesia penting agar setelah kita kenal, kita juga bisa memahami arti penting keberadaannya di alam.

Selama ini, owa jawa sedikit diketahui. Bahkan tidak sedikit yang mengiranya sama dengan monyet. Padahal owa adalah jenis kera karena tidak memiliki ekor!

Fakta bahwa akhir-akhir ini banyak figur publik yang memamerkan primata peliharaannya juga jadi perhatian khusus, bahwa primata yang adalah satwa liar bukan untuk dipelihara.

Banyaknya primata yang dipelihara menunjukkan bahwa masih rendahnya kesadaran masyarakat mengenai bahwa bahaya memelihara satwa liar.

Siapa sangka bahwa awal mula pandemi COVID-19 merupakan “loncatan” virus dari interaksi antara manusia dan satwa liar?

Mewarnai owa jawa juga bisa dijadikan alat untuk menyadartahukan generasi muda untuk tidak memeliharanya karena hewan itu dilindungi negara.

Cara Mendapatkan Gambar Owa

Sangat mudah untuk mendapatkan gambar yang siap untuk diwarnai ini. Silakan klik di sini untuk mengunduh gambar. Tinggal unduh, cetak di kertas, lalu warnai!

Happy colouring!

Leave a Reply