Evakuasi Owa Jenggot-putih oleh BKSDA Didampingi Camat
Ow jenggot-putih di Taman Nasional Tanjung Puting via Thomas Fuhrmann

Evakuasi owa jenggot-putih (Hylobates albibarbis) di Desa Selunuk, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan Selasa (7/7) lalu berjalan lancar.

Evakuasi owa tersebut dilakukan Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 2 Pangkalan Bun BKSDA Kalimantan Tengah yang didampingi Camat Seruyan Raya, Roby Kurniawan.

“Kami datang bersama tim evakuasi untuk menindaklanjuti itikad baik pemelihara”, ujar Roby.

Sebelumnya ia sudah mengingatkan serta berkoordinasi dengan pemilik agar menyerahkan hewan tersebut kepada tim evakuasi.

owa jenggot-putih
Proses evakuasi owa jenggot-putih dari warga via inikalteng.com

Roby menjelaskan, kondisi satwa yang dilindungi terlihat sehat saat dievakuasi.

“Kami akan serahkan ini ke Balai KSDA nanti proses selanjutnya ke pusat rehabilitasi untuk pemeriksaan tim kesehatan secara sistematik,” imbuhnya.

Evakuasi owa jenggot-putih satwa yang dilindungi tersebut dipelihara warga di dalam kandang terbuat dari besi, petugas mendatangi lokasi tersebut sekitar pukul 11.30 WIB.

Petugas Tim Evakuasi SKW 2 Kotawaringin, Yulivan mengatakan, satwa liar yang diamankan masuk kategori dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 juncto PP Nomor 7 Tahun 1999.

Satwa liar yang dilindungi ini tidak boleh dipelihara, dimiliki, dan diperdagangkan.

“Setelah mendapat informasi dari camat, kami segera bergerak turun kelapangan untuk menindaklanjuti laporan Camat Seruyan Raya,” katanya.

Sumber: inikalteng.com

Leave a Reply