Apes! aktivitas penjualan satwa liar jadi penyebab remaja tersebut diamankan

Hendak diperdagangkan, seekor owa jenggot putih berhasil diamankan dari perdagangan ilegal satwa liar oleh Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (22/4/2024) pukul 12.30 WITA.

Petugas juga berhasil mengamankan satu orang mahasiswa berinisial MJF (19) warga Kelurahan Kebun Sari, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU, Kalimantan Selatan. Diketahui remaja tersebut memelihara satwa yang kemudian akan dijual kepada yang berminat. 

Kapolres HSU, Ajudan Komisaris Besar Polisi (AKBP) Meilki Bharata, melalui Kepala Satuan Reskrim Polres HSU, Iptu Krismandra NW, membenarkan adanya dugaan perdagangan satwa yang dilindungi. 

“Saat ini masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut di Unit Tipiter Satreskrim Polres Hulu Sungai Utara, yang bersangkutan mengaku membeli satwa tersebut dari pemburu liar yang diperjualbelikan lewat media sosial,” ujarnya dilansir dari Tribunhulusungai.com

Kemudian, pihaknya melakukan penyelidikan dan tim menangkap MJF di kediamannya dengan barang bukti berupa seekor anakan owa jenggot putih, serta satwa yang dilindungi lainnya yaitu anakan burung berjenis elang tikus yang berusia sekitar tiga bulan berwarna abu-abu belang putih dan hitam, berserta kandang dan satu unit handphone yang ikut diamankan. 

Dugaan pidana yang dilakukan sebagaimana diatur dalam ketentuan pidana pasal 40 Ayat (2) jo pasal 21 Ayat (2) Huruf a UU RI No. 05 tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dapat dijerat dengan ancaman hukuman pidana penjara lama lima tahun dan denda paling banyak Rp. 100 juta. 
JANGAN RAGU! Segera Laporkan Pemeliharaan Owa Di Sekitarmu.

Leave a comment

LAPOR

Jika kamu menemukan plagiasi pada karya ini, silakan laporkan dengan mengisi form berikut.

Untuk memperkuat verifikasi dugaan plagiasi, silakan menambahkan sumber berupa tautan atau tangkapan layar. Pelaporan tanpa sumber bukti yang kredibel tidak akan kami proses.

Maksimal 1 Mb