Senangnya! Lahir Bayi Owa Jawa di Inggris dan Indonesia

Telah lahir bayi owa jawa sekaligus di dua negara dalam beberapa bulan ke belakang ini, di Inggris dan Indonesia. Di Inggris, seekor owa jawa bernama Slamet melahirkan bayi di Curraghs Wildlife Park, Isle of Man. Bayi ini sudah ditunggu-tunggu selama kehamilan selama 210 hari.

Pihak Curraghs Wildlife Park masih belum bisa menentukan jenis kelamin dan nama dari bayi owa jawa yang baru lahir ini. Alasannya, mereka ingin Slamet dan bayinya menjalin ikatan terlebih dahulu.

“Kami belum memberikan nama pada bayi ini. Namun bisa dilihat ada ikatan yang kuat dari bayi ini karena terus memeluk perut ibunya,” kata pihak Curraghs Wildlife Park seperti yang tertulis di akun Instagramnya.

Slamet dan bayinya di Curraghs Wildlife Park, Inggris. Foto : Stephen Corren

Kehadiran bayi ini menjadikannya anggota keluarga kelima di keluarga owa Slamet dan pasangannya Nakula.

Baca juga : Wow, owa bisa jalan kayak manusia!

Sementara di Indonesia, pasangan Kumis dan Kety sedang berbahagia setelah kelaiharan seekor bayi owa jawa di kawasan Tanahalisa, Cikaniki, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Owa jawa sendiri merupakan salah satu spesies kunci di Tanahalisa.

Di Cikaniki terdapat 3 kelompok Owa Jawa yang menjadi objek monitoring secara intens, yaitu kelompok A, kelompok B dan Kelompok S. Adapun anak Owa Jawa yang baru saja lahir berasal dari Kelompok B yang semula berjumlah 4 individu, yang terdiri dari induk jantan bernama “Kumis”, induk betina dewasa “Kety”, anak sub-dewasa “Komeng” dan anak remaja “Kendeng”.

Ibu owa jawa “Kety” sedang memangku anaknya. Foto : Isra Kurnia | Yayasan Kiara

Umumnya 1 kelompok Owa Jawa terdiri dari 2-6 individu. Rentang kelahiran Owa Jawa rata-rata sekitar 2,5 s.d. 3 tahun sekali, sementara “Kety” terakhir melahirkan pada tahun 2017. Rentang kelahiran bayi Owa Jawa dengan rentang 7 tahun ini menunjukan harapan kemampuan reproduksi “Kety” yg masih baik sekaligus menjadi indikator kualitas habitat di Resort PTNW Cikaniki yang mendukung untuk proses reproduksi tersebut.

Diketahui, owa jawa merupakan salah satu owa di Indonesia yang terancam punah. Salah satu ancamannya karena perdagangan satwa liar dan kerusakan habitat. Di alam liar, hanya ada sekitar 2000 owa jawa yang masih tersisa.

Leave a comment

LAPOR

Jika kamu menemukan plagiasi pada karya ini, silakan laporkan dengan mengisi form berikut.

Untuk memperkuat verifikasi dugaan plagiasi, silakan menambahkan sumber berupa tautan atau tangkapan layar. Pelaporan tanpa sumber bukti yang kredibel tidak akan kami proses.

Maksimal 1 Mb