Owa Siamang Peliharaan Gigit Manusia, Diamankan BKSDA Sumbar

Owa siamang (Symphalangus syndactylus) peliharaan warga Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua, Pasaman Barat, Sumatera Barat gigit pemeliharanya pada Selasa sore (6/7).

Warga yang berinisial MAA mengaku mendapatkan satwa dilindungi ini dari daerah Simpang Timbo Abu, Kecamatan Talamau.

Owa siamang ini sudah dipelihara lebih dari 4 tahun dan sempat mau menyerahkannya, tapi tidak tahu harus diserahkan kepada siapa.

Mendapat kabar warga yang digigit owa siamang, petugas Resor Pasaman dan Agam BKSDA Sumatera Barat mengamankan satwa dilindungi dari kediaman MAA.

Selanjutnya, pihak BKSDA Sumbar memberikan pembinaan dan edukasi tentang konservasi satwa dan peraturan perundangan yang mengaturnya.

Dampak bahaya atau penyakit yang dapat disebarkan oleh satwa liar ketika memeliharanya juga dijelaskan oleh petugas BKSDA Sumbar.

Satwa dilindungi berjenis kelamin jantan ini selanjutnya dievakuasi ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi. sebelum dilepasliarkan.

Sumber: Tribun Padang

Leave a comment

LAPOR

Jika kamu menemukan plagiasi pada karya ini, silakan laporkan dengan mengisi form berikut.

Untuk memperkuat verifikasi dugaan plagiasi, silakan menambahkan sumber berupa tautan atau tangkapan layar. Pelaporan tanpa sumber bukti yang kredibel tidak akan kami proses.

Maksimal 1 Mb